Upacara Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 77 Kabupaten Lamteng

E-mail Cetak PDF

Media Center Kodim 0411/KM

Dandim 0411/KM Letkol Inf Sihono,A.Md mengikuti Upacara Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 77 bersama Forkopimda Kabupaten Lampung Tengah  bertempat di Lapangan Merdeka Gunung Sugih. Rabu (17/08/2022)

Selaku Inspektur Upacara, Bupati Lampung Tengah Hi. Musa Ahmad,S.Sos dengan Komandan Upacara Kapten Inf Gunawan dan diikuti oleh Forkopimda, TNI dan Polri serta instansi terkait wilayah Kabupaten Lamteng.


Pada kesempatan tersebut Bupati Lampung Tengah membacakan Amanat Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yakni,  "Assalamualaikum warahmatullahi wa Barokatuh, Syukur Alhamdulillah kehadirat Allah subhanahu wa ta'ala Tuhan Yang Maha Esa atas karunianya kita masih diberi kesempatan kekuatan dan kesehatan sehingga dapat mengikuti upacara memperingati hari ulang tahun ke-77 Republik Indonesia tahun 2022 di Provinsi Lampung".

"Peserta upacara yang saya hormati tema pada peringatan hari ulang tahun RI ke 77 tahun 2022 yaitu pulih lebih cepat bangkit lebih kuat, kita ketahui bersama selama pandemi di negeri kita saat ini tiba masa transisi, dari pandemi menjadi endemi".


"Tekanan ekonomi sangat kita rasakan meski sempat terpuruk semua elemen masyarakat, Bergerak bersama dan bergotong-royong untuk mewujudkan harapan dan Bangkit bersama semangat gotong royong, itu bertujuan untuk mencapai percepatan pemulihan kondisi di semua sektor agar provinsi Lampung bersama kabupaten kota siap menghadapi tantangan global dan disrupsi zaman".

"Saya meyakini dengan sikap responsif dan persistensi serta terus bersinergi akan memperkokoh ketahanan bangsa kita khususnya di provinsi Lampung Sang Bumi ruwai Jurai tercinta, hal ini pun selaras dengan apa yang disampaikan oleh Presiden RI Bapak Joko Widodo pada pidato kenegaraan tanggal 17 Agustus 2022, di mana Negara kita masuk dalam 5 besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia yaitu mencapai 432 juta dosis vaksin".


"Dinamika perkembangan Indikator makro sosial ekonomi provinsi Lampung tahun 2022 sudah menunjukkan arah perbaikan, kondisi tersebut didukung dengan pertumbuhan positif perekonomian Lampung tahun 2022 yaitu 9,12% tertinggi di Indonesia.  Lampung telah mencatat sejarah, demikian pula dengan perkembangan tingkat harga secara umum, laju inflasi bulanan provinsi Lampung pada Januari sampai dengan Juni 2022 berada pada level 0.40, kondisi tersebut tentunya menjadi momentum yang baik untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional".

"Presiden menegaskan inflasi berhasil dikendalikan di kisaran 4,9%, angka ini jauh di bawah rata-rata instansi ASEAN yang berada di sekitar 7% dan jauh di bawah instansi negara-negara maju yang berada di sekitar 9% bahkan sampai pertengahan tahun 2022 ini APBN juga surplus."Ungkapnya".


"Fundamental ekonomi Indonesia tetap sangat baik di tengah ekonomi dunia yang sedang bergejolak di satu sisi kita memang harus tertap waspada dan harus tetap hati-hati namun disisi lain agenda agenda besar bangsa harus terus kita lanjutkan untuk meraih Indonesia maju selanjutnya indikator yang terkait kesejahteraan masyarakat secara umum menunjukkan bahwa data tingkat kemiskinan provinsi Lampung mengalami penurunan yang cukup signifikan".

"Dari 12,76% kemarin 2021 menjadi pada level 11,57% di bulan maret 2022 atau menurun 81.000 jiwa orang miskin hingga pengangguran terbuka pada tahun 2022 yang tercatat sebesar 4,33,31% yang berarti turun dibandingkan dengan keadaan pada Agustus 2021 yang sebesar 4,69%. data tersebut telah memberi gambaran adanya perbaikan kualitas hidup masyarakat Lampung secara umum, Alhamdulillah saat covid 19 kemarin provinsi Lampung berhasil membuat inovasi sehingga selama 3 tahun terakhir sampai tahun 2022 ini sudah 77 penghargaan kita raih bersama".


"Presiden RI Bapak Joko Widodo menekankan pada pidato kenegaraannya bahwa Indonesia memiliki Yang pertama Industrialisasi sumber daya alam harus terus dilakukan, yang kedua optimalisasi sumber energi bersih dan ekonomi hijau harus terus kita tingkatkan, kemudian yang ketiga perlindungan hukum sosial politik dan ekonomi untuk rakyat harus kita perkuat, keempat UMKM harus terus didukung agar bisa segera naik kelas, kelima pembangunan ibukota Nusantara, harus dijaga keberlanjutannya, IKN bukan hanya untuk para ASN tetapi juga para inovator dan para wirausahawan. Maka dari itu semua agenda tersebut harus ditopang oleh seluruh rakyat Indonesia kita semua harus bergerak tak hanya berpangku tangan tetapi saling bekerja untuk satu tujuan yaitu menjadikan cita-cita bangsa tercapai".


"Peran aktif kita bersama guna mewujudkan Lampung berjaya yang kita cita-citakan, tak lupa saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh Bupati, walikota, forkopimda dan para pimpinan partai politik, para wakil rakyat, perguruan tinggi, pelaku industri dan UMKM, kepada tokoh masyarakat awak media, aparat TNI dan Polri, para ASN tenaga kesehatan, relawan medis para guru, serta seluruh masyarakat Lampung yang turut berpartisipasi membangun Lampung di berbagai bidang".

Kemerdekaan RI ke-77 dijadikan sebagai titik awal bagi kita semua dalam meningkatkan kinerja guna melanjutkan cita-cita perjuangan para pahlawan kita, yang telah gugur baik dari lampung maupun dari seluruh Indonesia lainnya, untuk Indonesia, demi terwujudnya Indonesia tangguh Indonesia maju. Lampung berjaya merdeka merdeka merdeka terima kasih wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh". (DL)

You are here: Upacara Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 77 Kabupaten Lamteng